27 Oktober 2016

Cord Gitar Noah - Seperti Kemarin




Intro : Em  A


Em           A
Seperti Kemarin
           C              D
Kau berbalik…meninggalkan ku

             Em            A
Tak kusimpan…sisa dendam..
       C                    D             Em
lihat nanti… kita buktikan siapa aku


Int : Em…A…C…D… (2x)

    Em       A
Seperti mencair…
         C              D
bebanku tuk mengakuinya
      Em            A
cinta kita…pernah buta…
C                      D
tapi lihat yang terakhir tertawa.

[Chorus:]

Em           G
Aku…tanpamu…
A                     C         D
langkah kakiku..siap berlari
Em               A
Terbang… menunda arah
      C        D    Em
tak bisa kau menahan…

Int : Em..A..C..D..

Em                  A
Lain...dengan kemarin
        C             D
lebih mudah …aku bayangkan
Em                       A
indah …dengan yang lain,
         C                     D
entah siapa …tapi tak harus kamu..

[Chorus:]

Em        G
Aku…tanpamu…
A                      C        D
langkah kakiku..siap berlari
Em               A
Terbang… menunda arah
      C          D    Em
tak bisa kau menahan…

Int : Em…

Em           A
Seperti kemarin
           C              D                   Em
kau berbalik …menyesali keputusanmu
         A                  C
tak kusimpan …sisa dendam,
        D          Em                  A
ku buktikan aku lain …dengan kemarin
      C             D
kini mudah …aku bayangkan

Em                     A
esok yang membebaskan..
            C              D
dengan langkah ku teriakkan

[Last Chorus:]

Em        G
Aku…tanpamu…
A                     C         D
langkah kakiku..siap berlari
Em             A
Terbang… menunda arah
       C         D    Em
tak bisa kau menahan…

Em        G
Aku…tanpamu…
A                     C        D
langkah kakiku..siap berlari
Em              A
Terbang… menunda arah
      C         D    Em
tak bisa kau menahan…
alu di dekatmu

Cord D'masiv - Merindukanmu




Intro: C D

 C                        F
Saat aku tertawa diatas semua
C                           F
Saat aku menangisi kesedihanku

Bridge:
Am           G                 F
Aku ingin engkau selalu ada
Am        G              F       G
Aku ingin engkau aku kenang

reff:
F                                 C
Selama aku masih bisa bernafas
Dm
masih sanggup berjalan
G                 C
ku kan slalu memujamu
F
meski ku tak tahu lagi
C                 Am
engkau ada dimana
Dm                        G
dengarkan aku ku merindukanmu

Int:C F
C                              F
Saat aku mencoba merubah sgalanya
C                              F
Saat aku menangisi kekalahanku

Back to:bridge, reff

Int: Am Dm Em G Em

Back to reff

Cord Fatin – Dia dia dia




Intro : C G Am D G
         C G Am D G

          G              D         Em
Selalu ku fikir bahwa aku tegar
C                     G                    Am  D
Aku tak pernah menyangka kan begini
G               B              Em     A
Dan saat engkau tak di sisiku lagi
   C      G   Am   D           G
Baru ku rasakan arti kehilangan

  C                     D
Ingin ku bicara hasrat mengungkapkan
   Bm                            Em
Masih pantaskah ku bersamamu
      Am    D             G
Tuk lalui hitam putih hidup ini
  C                             D
Saat engkau pergi tak kau bawa hati
       B                       E
Dan tak ada lagi yang tersisa
Am G   C               D        G
Dia dia dia t’lah mencuri hatiku

Int : C G Am D G

G                     D                  Em       D
Dan di saat hari dimana kau tinggalkanku
     C               G                Am    D
Ku fikir semuanya kan baik-baik saja
  G            B Em     D       A
Dan kini baru ku sadari semua
C   G  Am             D         G
Dia dia dia t’lah mencuri hatiku

  C                     D
Ingin ku bicara hasrat mengungkapkan
  Bm                             Em
Masih pantaskah ku bersamamu
       Am   D              G
Tuk lalui hitam putih hidup ini
   C                            D
Saat engkau pergi tak kau bawa hati
        B                       E
Dan tak ada lagi yang tersisa
Am G   C               D  
Dia dia dia t’lah mencuri hatiku

Int : C D Am G B

  C            D  Bm-Em
Ingin ku bicara
       Am   D              G
Tuk lalui hitam putih hidup ini
  C                             D
Saat engkau pergi tak kau bawa hati
        B                    E
Dan tak ada lagi yang tersisa

  D                     E
Ingin ku bicara hasrat mengungkapkan
 C#m                       F#m
Masih pantaskah ku bersamamu
   Bm         E             A
Tuk lalui hitam putih hidup ini

  D                             E
Saat engkau pergi tak kau bawa hati
      C#m                  F#m
Dan tak ada lagi yang tersisa
Bm  A  D               E       F#m  E
Dia dia dia t’lah mencuri hatiku
 D    A Bm             E       D  Bm
Dia dia dia t’lah mencuri hatiku
E
T’lah mencuri hatiku

Cord Republik – Selimut Tetangga




 Intro: C F Am C Dm G

Am                 C
Bersabarlah sayang aku akan pulang
Dm                     G
Jangan dengarkan gosip murahan tentang aku
Am                 C
Berjanjilah sayang tuk slalu setia
Dm                 G
Meskipun ku tak di sampingmu

    F                   G
Tak usah menangis meratapi aku
    F                           G
Tak perlu kau berfikir ku meninggalkanmu

Chorus:
         F                           G
Mana mungkin selimut tetangga
             Em               Am
Hangati tubuhku dalam kedinginan
               Dm               G        
Malah malam panjang setiap tidurku
             C Gm
Selalu kesepian

         F                 G
Mana mungkin selimut tetangga
             Em              Am
Hangati tubuhku dalam kedinginan
               Dm               G
Malah malam panjang setiap tidurku
             C  E
Selalu kesepian

Am                 C
Berjanjilah sayang tuk slalu setia
Dm                 G
Meskipun ku tak di sampingmu

    F                   G
Tak usah menangis meratapi aku
    F                           G
Tak perlu kau berfikir ku meninggalkanmu

Am C Dm G

    F                   G
Tak usah menangis meratapi aku
    F                           G
Tak perlu kau berfikir ku meninggalkanmu

Chorus:
         F                 G
Mana mungkin selimut tetangga
             Em               Am
Hangati tubuhku dalam kedinginan
               Dm               G        
Malah malam panjang setiap tidurku
             C Gm
Selalu kesepian

         F                 G
Mana mungkin selimut tetangga
             Em              Am
Hangati tubuhku dalam kedinginan
               Dm               G
Malah malam panjang setiap tidurku
             C
Selalu kesepian

Am                 C          
Bersabarlah sayang aku akan pulang

24 Oktober 2016

Cord ANJI - DIA



A                 E
di suatu hari tanpa
F#m          E
sengaja kita bertemu
D                C#M
aku yang pernah terluka
Bm         E
kembali mengenal cinta
A         E       F#m
hati ini kembali temukan
E
senyum yang hilang
D             E               A
semua itu karena dia
Reff:
A              E                F#m
oh Tuhan…ku cinta dia
E                   D          C#m
ku sayang dia, rindu dia
Bm             E
inginkan dia..
A              E                F#m            D
utuhkanlah…rasa cinta di hatiku
                  Bm       E         A
hanya padanya…untuk dia
Musik : A E F#m E D Bm E
A            E
jauh waktu berjalan
F#m        E
kita lalui bersama
D                          C#m
betapa di setiap hari
Bm                    E
ku jatuh cinta padanya
A                     E
dicintai oleh dia
F#m           E
ku merasa sempurna
D           E               A
semua itu karena dia..
Reff:
A              E                F#m
oh Tuhan…ku cinta dia
E                   D          C#m
ku sayang dia, rindu dia
Bm             E
inginkan dia..
A              E                F#m            D
utuhkanlah…rasa cinta di hatiku
                  Bm       E         A
hanya padanya…untuk dia

22 Februari 2015

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia



Setidaknya, ada enam pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia.

Pertama, Islam yang masuk dan berkembang di Indonesia berasal dari Jazirah Arab atau bahkan dari Makkah pada abad ke-7 M, pada abad pertama Hijriah. Pendapat ini adalah pendapat Hamka, salah seorang tokoh yang pernah dimiliki Muhammadiyah dan mantan ketua MUI periode 1977-1981. Hamka yang sebenarnya bernama Haji Abdul Malik bin Abdil Karim mendasarkan pendapatnya ini pada fakta bahwa mazhab yang berkembang di Indonesia adalah mazhab Syafi’i.

Menurutnya, mazhab Syafi’i berkembang sekaligus dianut oleh penduduk di sekitar Makkah. Selain itu, yang tidak boleh diabaikan adalah fakta menarik lainnya bahwa orang-orang Arab sudah berlayar mencapai Cina pada abad ke-7 M dalam rangka berdagang. Hamka percaya, dalam perjalanan inilah, mereka singgah di kepulauan Nusantara saat itu.

Kedua, Islam dibawa dan disebarkan di Indonesia oleh orang-orang Cina. Mereka bermazhab Hanafi. Pendapat ini disimpulkan oleh salah seorang pegawai Belanda pada masa pemerintahan kolonial Belanda dulu.

Sebelum Indonesia merdeka, orang-orang Belanda pernah menguasai hampir seluas Indonesia sekarang sebelum ditaklukkan oleh tentara Jepang pada 1942. Tepatnya pada 1928, Poortman memulai penelitiannya terhadap naskah Babad Tanah Jawi dan Serat Kanda.

Tidak berhenti di situ, ia melanjutkan penelitiannya terhadap naskah-naskah kuno Cina yang tersimpan di klenteng-klenteng Cina di Cirebon dan Semarang. Ia pun sempat mencari naskah-naskah kuno di sebuah klenteng di Batavia, Jakarta dulu.

Hasil penelitiannya itu disimpan dengan keterangan Uitsluiten voor Dienstgebruik ten Kantore, yang berarti “Sangat Rahasia Hanya Boleh Digunakan di Kantor”. Sekarang disimpan di Gedung Arsip Negara Belanda di Den Haap, Belanda.

Pada 1962, terbit buku Pongkinangolngolan Sinambela Gelar Tuanku Rao yang ditulis Mangaradja Onggang Parlindungan. Dalam buku ini dilampirkan juga naskah-naskah kuno Cina yang pernah diteliti oleh Poortman.

Ketiga, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-12 M. Islam dibawa dan disebarkan oleh pedagang-pedagang Gujarat yang singgah di kepulauan Nusantara. Mereka menempuh jalur perdagangan yang sudah terbentuk antara India dan Nusantara.

Pendapat ketiga ini adalah pemdapat Snouck Hurgronje, seorang penasehat di bidang bahasa-bahasa Timur dan hukum Islam untuk pemerintah kolonial Belanda. Ia mengambil pendapat ini dari Pijnapel, seorang pakar dari Universitas Leiden, Belanda, yang sering meneliti artefak-artefak peninggalan Islam di Indonesia.

Pendapat Pijnapel ini juga dibenarkan oleh J.P. Moquette yang pernah meneliti bentuk nisan kuburan-kuburan raja-raja Pasai, kuburan Sultan Malik Ash-Shalih. Nisan kuburan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur, juga ditelitinya. Dan ternyata sangat mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di Cambay, Gujarat.

Rupanya, pendapat Moquette yang memperkuat pendapat Pijnapel dan Hurgronje disanggah oleh S.Q. Fatimi. Pendapat Fatimi adalah nisan-nisan kuburan yang ada di Aceh dan Gresik justru lebih mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di Benggala, sekitar Bangladesh sekarang.
Lebih jauh lagi, Fatimi percaya, pengaruh-pengaruh Islam di Benggala itu banyak ditemui dalam Islam yang berkembang di Nusantara dulu. Oleh karena itu, Islam yang ada di Indonesia ini sebenarnya berasal dari Bangladesh. Pendapat ini adalah pendapat keempat.

Pendapat Moquette juga disanggah oleh G.E. Marrison. Marrison malah yakin, bahwa Islam yang datang ke Indonesia berasal dari Pantai Coromandel, India Selatan. Alasannya, pada abad ke-13 M, Gujarat masih menjadi sebuah kerajaan Himdu, sedang di Pantai Coromandel Islam telah berkembang. Marrison juga berpendapat, para pembawa dan penyebar Islam yang pertama ke Indonesia adalah para Sufi India.

Mereka menyebarkan Islam di Indonesia dengan pendekatan tasawwuf pada akhir abad ke-13 M. Waktu itu, masih terhitung belum lama dari peristiwa penyerbuan Baghdad oleh orang-orang Mongol.
Penyerbuan yang dimaksud memaksa banyak Sufi keluar dari zawiyah-zawiyah mereka dan melakukan pengembaraan ke luar wilayah Bani Abbasiyah, seperti ke ujung Persia atau bahkan ke India.
Sebelum Marrison mengemukakan pendapatnya, T.W. Arnold telah meyakini bahwa Islam di Indonesia juga dibawa atau berasal dari Pantai Coromandel dan Malabar, India. Karena itu, banyak yang beranggapan bahwa Marrison memperkuat pendapat Arnold itu.

Setelah kelima pendapat itu, Hoesein Djajaningrat mengemukakan pendapat keenam tentang masuknya Islam di Indonesia. Djajaningrat dikenal sebagai orang Indonesia pertama yang mempertahankan disertasi di Universitas Leiden, Belanda, pada 1913. Disertasinya itu berjudul Critische Beschouwing van de Sadjarah Banten (Pandangan Kritis mengenai Sejarah Banten).

Menurutnya, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia. Djajaningrat beralasan, peringatan 10 Muharram atau hari Asyura sebagai hari kematian Husein bin Ali bin Abi Thalib yang ada di Indonesia berasal dari perayaan kaum Syiah di Persia. Peringatan 10 Muharram itu lebih dikenal sebagai perayaan Hari Karbala.

Djajaningrat juga yakin dengan pendapat ini, karena keberadaan pengaruh bahasa Persia di beberapa tempat di Indonesia. Selain itu, keberadaan Syeikh Siti Jenar dan Hamzah Fansuri dalam sejarah Indonesia menandakan adanya pengaruh ajaran wihdatul wujud Al-Hallaj, seorang Sufi ekstrim yang berasal dari Persia.

Dapat terlihat bahwa perbedaan pendapat itu terjadi karena dasar-dasar berpikir yang dipakai dalam membangun pendapat. Pijnapel, Hurgronje, Marrison, Moquette, Fatimi lebih mempercayai bukti-bukti kongret yang masih bisa diyakini secara pasti, bukan perkiraan.
Karena itu, pendapat-pendapat mereka lebih logis, meskipun bisa menuntut mereka untuk percaya bahwa Islam pertama kali berkembang di Indonesia pada sekitar abad ke-13 M, lebih belakangan ketimbang agama Hindu dan Buddha.

Berbeda dari pendapat Residen Poortman. Meski berdasarkan catatan-catatan Cina yang tersimpan bertahun-tahun, masih ada kemungkinan salah tafsir atas pernyataan-pernyataan tertulis yang ada di di dalamnya. Dan juga: masih besar kemungkinan adanya manipulasi data tanpa sepengetahuan para pembaca.

Pendapat Hamka bahkan lebih mudah lagi untuk terjerumus ke dalam bentuk syak yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya. Pendapatnya berdasarkan perkiraan-perkiraan pribadi. Pendapatnya tidak ditunjang oleh data sejarah yang kongkret. Sangat kecil kemungkinan pendapatnya untuk benar.
Demikian pula, kiranya, dengan pendapat Djajaningrat. Bisa jadi persamaan-persamaan yang dikemukakan dalam pendapatnya itu hanya kebetulan-kebetulan yang mirip pada objek.

Akan tetapi, hampir setiap pendapat itu memiliki konsekuensi. Jika seseorang memercayainya suatu pendapat dari pendapat-pendapat itu, maka, bagaimana pun, ia mesti menerima konsekuensi-konsekuensi yang ada.

Seperti jika percaya pendapat bahwa Islam dibawa masuk dari Persia, sedikit banyaknya, akan membuat kita berpikir, para penyebar Islam pertama kali di Nusantara adalah orang-orang Syiah.
Dan karena itu, Syiah adalah bentuk akidah pertama yang diterima di Indonesia. Baru setelah itu Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang berkembang.

Apabila kita memercayai Islam yang masuk di Indonesia berasal dari Jazirah Arab pada abad ke-7 M, berarti orang-orang di Nusantara telah mengenal dakwah Islam sejak masa para sahabat masih hidup.
Artinya, ketika para tabi’in ramai-ramai menuntut ilmu agama pada para sahabat Nabi, segelintir orang di Nusantara juga telah mengenal Islam yang sama pada waktu itu. Hanya jarak yang memisahkan mereka.

Demikian pula, jika kita menerima pendapat bahwa Islam berasal dari Pantai Coromandel, India Selatan. Jika pendapat ini yang kita terima, maka bisa dipastikan para pemeluk pemula Islam di Indonesia adalah orang-orang yang berakidah dengan akidah Sufi atau setidaknya mengenal Islam lewat kacamata tasawwuf.

CONTOH LAPORAN PEMBANGUNAN DEMPLOT AGROFORESTRY

                                                                                                                                            ...