26 Desember 2012

Aku dan Media Sosialku



Pada zaman sekarang ini kemajuan ilmu tekhnologi telah mencapai sesuatu yang tidak asing lagi di telinga setiap orang. Dengan mengetahui tentang perkembangan tersebut maka akan mempermudah kita dalam mencapai kejayaan. Di dalam tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa jenis media sosial yang mungkin memang tidak asing lagi di telinga kita. Beberapa jenis media sosial ini tentunya juga telah saya kusai walaupun tidak terlalu bgitu hebat.

1. Facebook adalah jaringan sosial dan situs web, agar semua orang bisa membuat profil pribadi ang bertujuan untuk mencari teman, keluarga yang tidak pernah kita jumpai. Facebook juga menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbaharui profilnya. Pengguna dapat bergabung  dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu. Diurutkan menurut tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi atau karakteristik lainya.

Nah, dengan begitu dapat diartikan sendiri bahwa facebook itu dapat  membuat kita memperoleh teman baru, dengan menggunakan fitur yang ada di fb itu sendiri akan membawa kita untuk berpetualangan di dunia maya yang mungkin tidak dapat kita rasakan di dunia nyata kita. Beberapa fitur yang ada di fb sendiri misalnya, membantu kita dalam menyampaikan sebuah produk yang kita miliki, sehingga orang lain apat dengan mudah mengenali produk yang kita tawarkan tersebut. Di facebook itu sendiri kita juga dapat bermain game, membuat kelompok usaha, dan masih banyak lagi kegunaan yang dapat kita manfaatkan ketika kita telah menggunakan media sosial yang satu ini.

2. Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru.

Kalau media sosial ini memiliki keunggulan sendiri, disini saya mudah mendapatkan beberapa informasi yang saya inginkan, seperti beberapa kata-kata motivasi dari beberapa motivator terkenal, kalau fiturnya mungkin tidak begitu berbeda dengan facebook hanya saja biasanya dalam twitter ini lebih seperti membaca sebuah informasi di koran.

3. Blog adalah sebuah media sosial yang mana di dalamnya kita dapat membuat tulisan-tulisan untuk di baca oleh seluruh pengguna internet, dengan blog ini juga kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan.

4. Youtube menurut pengertian saya sendiri adalah sebuah media sosial yang mana di dalamnya kita dapat melihat tayangan video yang kita inginkan. Dengan youtube ini saya telah memperoleh sesuatu yang sebenarnya mustahil saya dapatkan di dunia nyata, misalnya video tentang orang-orang terdahulu yang tidak pernah tertuliskan dalan sejarah akademis.

Sebenarnya masih ada beberapa media sosial yang saya sudah gunakan, namun tidak dapat di jelaskan secara keseluruhanya, kegunaan dari media sosial itu sendiri sangat banyak bagi seorang mahasiswa seperti saya, diantaranya adalah memudahkan saya dalam menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan oleh dosen, mempertemukan saya dengan beberapa informasi yang saya tidak dapatkan ketika belajar di kampus, yang jelasnya media sosial tersebut telah membantu saya dalam pencapaian pengetahuan yang berkaitan dengan konsentrasi yang saya geluti saat ini di universitas. 

Tetapi sebenarnya penggunaan media sosial akan dapat berdampak negatif juga apabila tidak di gunakan sebagaimana mestinya, banyak sekali saat kita jumpai kejahatan yang terjadi di media sosial, seperti kasus penipuan, pengambilan hak milik,dll. Sebagai seorang yang tidak ingin menjadi korban kejahatan itu maka di perlukan adanya pemahaman yang mendalam mengenai media sosial tersebut, terlebih lagi apabila kita adalah termasuk kedalam kelompok mahasiswa. Kan malu tuh kalau ada berita seorang mahasiswa di kabarkan telah mengalami penipuan di jajaring sosial.

Media sosial juga telah mempengaruhi kreatifitas saya, dimana saya adalah seorang yang sangat gemar bermain musik, dengan adanya media sosial saya juga dapat mengembangkan kreatifitas saya itu. Dengan media sosial itu saya telah memperoleh pengetahuan secara tepat dan cepat tentang sesuatu yang saya tidak ketahui.

Nah diakhir tulisan ini saya rasa akan mengambil sebuah kesimulan mengenai kegunaan saya menggunakan media sosial ini, sebagai seorang calon jurnalis maka saya sangat memerlukan media sosial dalam mengembangkan kreatifitas jurnalis kedepanya nanti. Dengan adanya media sosial ini saya berharap pengetahuan jurnalistik saya akan dapat lebih berkembang lagi sehingga akan mendapatkan sebuah profesi yang saya inginkan.

Tidak ada komentar:

CONTOH LAPORAN PEMBANGUNAN DEMPLOT AGROFORESTRY

                                                                                                                                            ...